Arief Rahardjo Blog's

Life, Technology and Information Experiences
Inilah kegunaan Dari CMS website

Inilah kegunaan Dari CMS website

Assalamulaikum wr wb,

Beberapa waktu lalu terfikirkan untuk membuat penjelasan tentang bagaimana Website di dunia maya ini bisa terbangun menjadi website yang menarik, bagus dan bisa memberikan informasi yang sangat cepat.

Website terbagi 2 macam, yaitu website statis dan website dinamis. Seperti pada namanya statik adalah website yang tidak dapat di ubah-ubah, sedangkan website dinamis adalah website yang dapat di ubah-ubah, baik tampilan, konten, Addons atau Plugin dan lain-lain. Baik yang kita bahas adalah website dinamis. Website dinamis pastinya ada sistem atau aplikasi yang untuk memanjemen konten-konten yang ada di dalam Website, biasanya para pengguna website dinamis ini menyebutnya CMS (Content Management System). CMS terdiri dari 2(dua) Elemen:

1. Aplikasi Menajemen Isi (Content Management Application/CMA)

2. Aplikasi Pengiriman Isi (Content Delivery Application/CDA)

sumber elemen: wikipedia

Nah, itu tadi sekilas tentang CMS, sekarang yang kita bahas adalah bentuk CMS dan kegunaannya untuk apa, ulasan ini akab terkategori berdasarkan fungsinya juga

BLOG

1. WordPress.org

wordpress adalah CMS yang sangat sering di gunakan oleh banyak orang yang menggunakan blog, wordpress juga terdiri dari 2 bagian wordpress.com dan worspress.org, wordpress.com dimana server/hosting dan domain sudah di sediakan srcara gratis oleh wordpress namun domainnya memiliki sub domain .wordpress.com, sedangkan WordPress.org hosting dan domainnya berbayar, bisa beli dimana saja. Domain pun bisa langsung menggunakan .com .net .id .org dll

2. Drupal

Drupal juga CMS untuk membuat blog, artikel dan berita, namun drupal ini agak sulit di gunakan, dan tidak seberapa banyak pengguna drupal dari pada wordpress

3. Joomla.

Setelah WordPress, joomlah juga menjadi CMS yang di gemari orang, banyaknya pengembang mempengaruhi jumlah pengguna pada CMS yang satu ini.

Ecommerce

1. Opencart

CMS toko online ini adalah CMS yang sering di gunakan oleh penjual barang atau toko online, dimana fitur dari opencart memang dikhususkan untuk berjualan via internet, banyak versi di dalam CMS ini, hingga saat ini banyak pengembang dari CMS opencart ini bertebaran seperti membuat ongkir via JNE, J&T, TIKI, Pos indonesia dll.

Learning

1. Dokeos

Dokeos adalah CMS yang berbasis Elearning, jadi bagi para sekolah bisa menggunakan CMS ini untuk membuat Elarning online, dulu di blog ini pernah ngepost tentang CMS Dokeos namun disayangkan blog ini pernah hilang datanya sehingga tidak bisa terbackup datanya.

2. Moodle

Moodle juga seperti Dokeos, tapi Elarning ini lebih terkenal ketimbang Dokeos, dengan fasilitas dengan live chat juga bisa ada pengisian soal online.

Forum

1. PhpBB

yang satu ini adalah CMS yang di khususkan untuk diskusi dan forum tanya jawab, CMS PHPBB ini juga di gunakan beberapa website pemerintah untuk diskusi sebagai Help Desk.

Nah bagaimana sudah tau kan kegunaan dari CMS sebetulnya masih banyak sekali CMS namun beberapa CMS inilah yang pernah saya gunakan, sekarang kita tau sebelum membuat website, kita harus memahami fungsi dan fiturnya, maka dari itu kita bisa memanfaatkab untuk pembuatan website instan.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.