Arief Rahardjo Blog's

Life, Technology and Information Experiences
Membuat Rekap data Dengan Pivot Tabel di Excel

Membuat Rekap data Dengan Pivot Tabel di Excel

Assalamualaikum Wr Wr,

Kemarin saya memiliki data hasil Entri pekerjaan dari data kemiskinan Kota Surabaya yang di minta oleh Kepala Bidang saya agar di ketahui Rekap berapa data yang menerima Bantuan Sosial pada setiap Kecamatan di Kota Surabaya. beberapa membuat rekap pun sebenarnya bisa namun ada satu cara yang membuat pekerjaan kita semakin mudah dengan menggunakan Pivot Tabel.

Cara ini saya gunakan untuk mengalisa dan membuat laporan Rekap pada setiap Kecamatan yang sesuai dengan data yang kita inginkan

Pertama yang harus di siapkan adalah Datanya terlebih dahulu

Setelah data di perisapkan, mulai kita fokuskan kita pada menu INSERT lalu pilih Pivot Tabel

Selanjutnya bisa di pilih Pivot Tabel sehingga akan membuka Dialog Info Seperti gambar berikut

lalu klik OK dan akan tampil sheet baru yang akan kita buat rekapnya

Setelah muncul sheet baru dan perhatikan pada menu sebelah kanan excel anda di sana terdapat area yang untuk di drag, berhubung saya disini ingin menampilkan rekap data kemiskinan perkecamatan maka yang harus di drag adalah Field/kolom kecamatan pada Row Label dan Nama Penerima Bansos (atau bisa menggunakan NIK, No Peserta dll) sebagai Value, seperti gambar berikut ini.

nah bisa dilihat pada menu sebelah kanan Row Labelsnya saya menggunakan nama kecamatan sedangkan valuesnya menggunakan nama peserta, secara cepat excel akan melakukan rekap data perkecamatan tanpa membuang waktu yang sangat lama. bukan itu juga untuk values bisa menggunakan COUNT, SUM, Max, Min dan lain-lain.

Nah, bagaimana mudah bukan menggunakan Pivot Table Untuk rekap data, tidak hanya itu pivot ini biasanya juga menjadi dasar Tes masuk kerja pada peursahaan atau instansi yang ada di pemerintah. Selamat Mencoba

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.