Arief Rahardjo Blog's

Life, Technology and Information Experiences
SIKS NG versi terbaru untuk perbaikan Data

SIKS NG versi terbaru untuk perbaikan Data

Assalamualikum wr wb,

Sebelumnya saya putar dulu tentang aplikasi SIKS NG (Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial New Generation), Awal mula aplikasi SIKSNG ini turn dengan Versi 1.5 dimana kebetulan bukan saya yang di percaya oleh Dinas Sosial Kota Surabaya untuk menjadi operator SIKS NG ini, namun saya di tugaskan ketika sudah masuk di SIKS NG versi 2.1.1.

Pada aplikasi SIKS NG Versi 2.1.1 dapat langsung di update ke SIKS NG versi 2.1.3 dengan cara cukup mudah yaitu hanya mengkoneksi Komputer atau PC dengan Internet, secara otomatis bisa melakukan update dengan sendirinya, jika tidak bisa update dengam sendirinya bisa melalui menu Update yang ada di dalam Aplikasi SIKS NG.

Sekarang Aplikasi SIKS NG ini telah di perbarui versinya, yaitu versi 2.2.0. pastinya pada versi terbaru ini banyak perbaikan dan penambahan diantara lain sebagai berikut.

1. Perbaikan

2. BDT bisa di simpan walaupun tidak lengkap

3. Export BED walupun tidak lengkap

4. Beda warna BDT lengkap dan tidak lengkap

Adapun perbaikan yang dilakukan didalam Aplikasi SIKS NG Versi 2.2.0, di aplikasi tersebut ada penambahan sebagai berikut

  1. Fungsi Sinkronisasi data KKS
  2. Validasi NIK dengan Tanggal Lahir
  3. Informasi Export Data lengkap dan tidak legkap

Pada perbaikan untuk SIKS NG Versi 2.1.3 ke SIKS NG versi 2.2.0 Tidak dapat di lakukan secara Otomatis, melainkan harus melakukan Download ulang melalui website SIKS NG Kementerian Sosial RI Dan harus di split berdasarkan Desa atau Kelurahan yang ada di kabupaten Kota lalu di distribusikan ulang.

Kenapa harus download ulang?

1. Adanya update Seluruh database pada SIKS NG Offline karena ada penetapan data BDT pada bulan Mei 2018

2. Jika sudah melakukan Verifikasi dan Validasi (Verval) pada SIKS NG 2.13 masih bisa di gunakan atau di jalankan bersamaan dengan SIKS Versi 2.2.0, dengan catatan sebagai berikut:

a. Data Kpm yang sudah di Verval, akan di replacement atau di overwrite dengan data yang terakhir di Export

b. Jika KPM (Keluarga Penerima Manfaat) tidak ada di dalam BDT pada SIKS NG verso 2.1.3, maka ada perbedaan jumlah Penerima Manfaat. Maka dari itu di rekomendasikan menggunakan SIKS NG Versi 2.2.0.

Dari perbaikan aplikasi SIKS NG versi 2.2.0 ini memberikan harapan Error atau kesalahan yang lebih sedikit. oleh karena itu PUSDATIN (sebagai developer atau penyedia aplikasi) memberikan pembaruan yang sangat luar biasa.

Semoga Dengan adanya Perubahan Versi SIKS NG ini memberikan dampak yang sangat besar bagi warga negara Indonesia.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.