Arief Rahardjo Blog's

Life, Technology and Information Experiences
Tips berbicara di depan Umum

Tips berbicara di depan Umum

Assalamualikum wr wb,

berbicara di depan umum biasa di sebut Public Speaking sudah menjadi bahan sehari-hari sebagai narasumber yang ada di Kota Surabaya, yang saya hadapi rang tahun dari umur 23 tahun sampai umur 46 tahun. Jadi penyesuaiaan tata bicara perlu di perhatikan. Konsep saya berbicara adalah Saya berbicara dengan siapa dan berumur berapa

Banyak Tips yang saya pelajari dan ini adalah sesuai dengan pengalaman pribadi saya menghadapi audien yang ada di forum yang saya hadapi. beberapa ringkasan yang perlu di ketahui yang akan di ulas pada artikel ini.

Nah langsung aja ya ke Tips berbicara di depan umum versi saya pribadi.

1. Jadilah orang yang langsung tanggap

Jadi seorang pembicara sangatlah gampang-gampang sulit, kita harus lebih menguasai forum tersebut, tidak perlu menghafalkan materi yang akan di bicarakan.

2. Tulis apa yang akan di sampaikan

Catat terlebih dahulu apa yang perlu kita bicarakan, susunan materinya agar kita biar mengtahu apa yang harus anda lakukan.

3. Interaksi dengan Audience

Buatlah sebuah forum terasa nyaman sehingga audience menikmati materi yang kita sampaikan, sebelum membuat nyaman pastikan anda menyesuaikan diri di dalam forum, siapa saja audience anda.

4. Bercanda mungkin bisa membantu terasa nyaman.

Bercanda di dalam forum itu tidak di larang, namun anda harus mengetahui kondisi yang ada di dalam forum, bercandaan yang terlalu berlebihan juga tidak baik di dalam forum

5. Jangan memberikan sebuah perintah yang membuat audiece berfikir keras

Audience menghadiri undangan yang anda buat pastinya mereka ingin mendapatkan solusi dengan adanya anda hadir disana, maka anda jangan membuat para audience berfikir keras tentang materi yang anda sampaikan.

6. Penguasaan Materi

sebelum anda berbicara, pastinya anda mempelajari apa yang ada di dalam materi anda, jangan sampai anda mati gaya terhadap materi yang telah di sampaikan.

7. improvisasi itu perlu

Jangan Saklek atau terfokus sama materi anda, lakukan sedikit improvisasi agar anda bisa berbicara yang sangat luar biasa

8. Waktu berbicara

pastikan anda sudah memanajemen waktu anda berbicara, jangan membuat waktu terasa panjang sehingga audience terasa bosan dengan materi anda.

9. Cerita sebuah pengalaman

Lontarkan cerita pengalaman anda saat berbicara di depan umum, Pengalaman anda mungkin bisa membuat audience lebih tertarik dengan Materi anda.

10. Pandang Audiece

tatap wajah audiece saat berbicara, seakan forum tersebut bisa membuat anda dan audience berbicara secara umum.

11. lontarkan tanya jawab pada setiap sesinya

Tanya jawab ini mungkin bisa membantu audience memecahkan masalag yang ia alami

12. jangan lupa tutup dengan salam dan apluse

tutuplah setiap forum dengan salam dan apluse ini membuat terkesan yang berbeda dalam public speaking

mungkin itu adalah tips dari saya mungkin ada yang bisa menambahi silahkan tambahkandi kolom komentar, jika bermanfaat bisa share artikel saya..

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.