Arief Rahardjo Blog's

Life, Technology and Information Experiences
Tutorial Perbaikan Data di Menu Verifikasi dan Validasi BSP/KKS di SIKS NG Terbaru

Tutorial Perbaikan Data di Menu Verifikasi dan Validasi BSP/KKS di SIKS NG Terbaru

Assalamualaikum wr wb,

setelah kemarin saya membuat postingan tentang SIKS NG terbaru di mana postingan tersebut adalah tentang installasi Java dan Proses installasi SIKS NG terbaru, kali ini saya mau membuat Tutorial Perbaikan Data di Menu Verifikasi dan Validasi BSP/KKS di SIKS NG Terbaru

Hal yang perlu di perhatikan di formulir ini adalah status keberadaan keluarga dimana pada bagian kolom inilah yang menentukan dia aktif sebagai penerima BSP (Bantuan Sosial Pangan) atau Penerima KKS (Kartu Keluarga Sejahterah) yang ada di Aplikasi SIKS NG terbaru ini.

tidak hanya itu, perbaikan No Kartu Keluarga, NIK pengurus, Tanggal Lahir pengurus, dan juga Nama Gadis Ibu Kandung juga perlu di perhatikan, karena pada data inilah di gunakan sebagai acuan Pembuatan Akun Bank di Himbara (Himpunan Bank Negara). Bank apa saja yang masuk dalam Himbara? Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BRI dan Bank BTN. Kebetulan di Kota Surabaya menggunakan Bank BNI.

setelah di ketahui Kolom-kolom yang di perhatikan oleh Para Operator SIKS NG tingkat desa atau kelurahan, sekarang saya ulas satu persatu pqda Status Keberadaan Keluarga. Status Keberadaan Keluarga ini ada 7 (tujuh) pilihan untuk Rastra PKH sedangkan untuk Rastra Non PKH ada 6 (enam) pilihan, Pilihan 1 sampai Pilihan ke 6 Hampir sama antara Rastra PKH dan Rastra Non PKH.

  1. Di Temukan, Tidak Ada Update

pada status keberadaan no 1 ini di gunakan ketika Perbaikan Data apabila tidak di temukan tidak ada Update satu pun dan status KPM (Keluarga Penerima Manfaat) masih Aktif sebagai Penerima BSP/KKS.

2. Di Temukan, Ada Update

Status Keberadaan Keluarga No 2 ini di gunakan Apabila ada perbaikan data seperti memperbaiki No Kartu Keluarga, NIK pengurus, Nama Gadis Ibu Kandung, Tanggal Lahir Pengurs dan Pergantian Nama Pengurs Apa bila Pengurus Sudah Meninggal dan di gantikan ke Ahli Warisnya. Pemilihan Ahli Waris di berikan kepada Anak Perempuan yang sudah berumur lebih dari 17 Tahun, Apa bila tidak ada di berikan ke Suaminya atau Kepala Keluarga. Status keberadaan ini masih Aktif sebagai penerima BSP atau KKS.

3. Tidak Di Temukan

4. Di Temukan Mampu

5. Di Temukan Data Ganda Atau Double

6. Menolak Bansos

7. Kepesertaan PKH tidak Memiliki Komponen

Kesimpulan dari Status Keberadaan Keluarga di atas, pilihan No 1 dan No 2 status masih Aktif sebagai Penerima BSP atau KKS sedangkan untuk Pilihan No 3 sampai No 6 statusnya di Non Aktifkan.

Sekarang mari kita Ulas kembali dengan Melihat Video yang satu ini

1. Status Keberadaan Keluarga Di Temukan, Tidak Ada Update

2. Status Keberadaan Keluarga Di Temukan, Ada Update

3. Status Keberadaan Keluarga Tidak Ditemukan/Di Temukan Mampu/Menolak Bansos (Pilihan No 3, No 4 dan No 6)

4. Status Keberadaan Keluarga Ditemukan Ganda

dari Video di atas bisa di coba untuk melakukan Perbaikan data BSP atau KKS yang ada SIKS NG Versi 2.2.0

Semoga Tutorial ini dapat membantu anda untuk melakukan Verifikasi dan Validasi BSP/KKS. Jika Ada pertanyaan bisa tinggalkan pesan di kolom Komentar.

Happy Blogging!

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.