Arief Rahardjo Blog's

Life, Technology and Information Experiences
Vlookup rumus yang sangat membantu

Vlookup rumus yang sangat membantu

Assalamulaikum wr wb,

Terlintas di pemikiran saya yang terinspirasi dari Mircosoft Office Excel, dimana aplikasi ini akan sangat membantu saya untuk melaksanakan tugas kantor.

Sebelum melanjutkan apakah itu vlookup? Vlookup adalah salah satu dari fungai pencarian atau referensi, saat Anda perlu menemukan berbagai hal dalam tabel atau menurut baris.

Bagaimanakah fungsi vlookup berjalan? Berikut penjelasannya dari fungsi atau rumus Vlookup.

=VLOOKUP(Nilai yang ingin Anda cari, rentang yang ingin dicari nilainya, nomor kolom dalam rentang berisi nilai kembali, Hasil yang Sama Persis atau Hasil yang Mendekati – yang terindikasi sebagai 0/FALSE atau 1/TRUE).

Cara memulai

Terdapat empat potongan informasi yang akan diperlukan untuk membangun sintaks VLOOKUP:

  1. Nilai yang ingin Anda cari, juga disebut nilai pencarian.

  2. Rentang tempat nilai pencarian berada. Ingat bahwa nilai pencarian harus selalu berada di kolom pertama dalam rentang agar VLOOKUP berfungsi dengan benar. Sebagai contoh, jika nilai pencarian berada dalam sel C2, rentang Anda harus dimulai dengan C.

  3. Nomor kolom dalam rentang yang berisi nilai kembali. Sebagai contoh, jika Anda menentukan B2: D11 sebagai rentangnya, Anda harus menghitung B sebagai kolom pertama, C sebagai kedua, dan seterusnya.

  4. Secara opsional, Anda dapat menentukan TRUE jika menginginkan hasil yang mendekati atau FALSE jika menginginkan hasil yang sama persis dari nilai kembali. Jika Anda tidak menentukan apa pun, nilai default akan selalu menjadi TRUE atau hasil yang mendekati.

Sekarang, letakkan semua hal yang disebutkan di atas sebagai berikut:

=VLOOKUP(nilai pencarian, rentang berisi nilai pencarian, nomor kolom dalam rentang berisi nilai kembali, tentukan secara opsional TRUE untuk hasil yang hampir sama atau FALSE hasil yang sama).

Gambar berikut memperlihatkan cara menyiapkan VLOOKUP untuk mengembalikan harga Cakram rem, yaitu 85.730.

  1. D13 merupakan lookup_value, atau nilai yang ingin Anda cari.

  2. B2 hingga E11 (disorot menggunakan warna kuning di dalam tabel) merupakan table_array, atau rentang tempat nilai pencarian berada.

  3. 3 merupakan col_index_num, atau nomor kolom dalam table_array yang berisi nilai kembali. Dalam contoh ini, kolom ketiga dalam larik tabel adalah Harga Komponen, jadi output rumus tersebut merupakan nilai dari kolom Harga Komponen.

  4. FALSE merupakan range_lookup, sehingga nilai kembali akan menjadi hasil yang sama.

  5. Output rumus VLOOKUP adalah 85,73, harga dari Cakram rem.

Nah, bagaimana menurut Anda tentang Vlookup ini, sangat mudah bukan, pekerjaan anda terasa ringan jika memahami apa dari fungsi vlookup

Terima kasih sudah berkunjung di blog saya, komentar anda sangat bermanfaat..

(Sumber: support.office.com)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.